Wednesday, January 4, 2012

Pria Gentel


Well, mungkin kita sering mendengar istilah ini. Menurut pandangan umum, gentel ini di identik kan dengan sikap seorang pria. Jika dilihat dari asal kata, Gentel sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu gentle  yang berarti belaian / sentuhan lemah lembut. Sikap gentle yang dalam adjective bahasa ingris berasal dari gently yang artinya dengan hati-hati.
gue udah berusaha mencari-cari makna gentel sebenarnya karena ternyata gentel itu relatif sekali dan prilaku gentel memiliki banyak bentuk untuk setiap orang.
Gue sempat serach ke yahoo answer dan mendapat jawaban yang beragam pula. Karena perbedaan pendapat itu, kira-kira kesimpulannya begini:  gentel berkaitan dengan sifat dan sikap seorang pria. Seorang pria yang gentel dipandang sebagai orang yang bertangung jawab yang memperlakukan orang lain secara  baik dan sopan serta  hati-hati.  Pria seperti ini bersikap layaknya seorang ksatria yang gagah. Beberapa tindakan yang di anggap gentel di contohkan oleh beberapa teman yaitu: gantle itu sfat" pria (pmbrani, tegar, cool, yaa gmana seorang pria mnghdapi ssuatu). Untuk lebih jelasnya silahkan baca di http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101126193325AAmuGv5
Dibeberapa kebudayaan gentel bisa berbentuk berbeda pula.  Gue pernah, nonton sebuah reality show, dimana artis dan aktor di pasangkan sebagai suami istri, hidupnya layaknya pasangan muda, memiliki rumah dan memperlakukan satu sama lain layaknya seorang suami terhadap istri dan sebaliknya. Namun tentu saja dalam batas-batas tertentu, bisa dibilang ini adalah drama yang mengangkat keseharian suatu pasangan. Hal yang menjadi perhatian gue adalah, bagaimana cara sang pria/suami memperlakukan istrinya. Hal-hal kecil terasa begitu manis, seperti ,ketika mengantarkan ke rumah, si pria memastikan perempuan tersebut masuk ke dalam rumah sebelum meninggalkan rumah tersebut, kemudian saat berjalan di trotoar dia melindunginya, ketika melihat pakaian si wanita agak tidak nyaman dilihat, dia memakaikan jaketnya, kemudian sangat melindunginya dari teman-teman pria nya yg lain. Si pria juga berusaha untuk tidak membiarkan kekasihnya membayar untuk apa pun yang mereka beli saat berdua. membukakan pintu mobil, dan banyak lagi.
Wah brasa pengen jadi cewekya ajja,,kyahahahahha (*becanda dink).
Namun hal ini tentu saja akan sulit ditemukan dalam kehidupan nyata. Gue bisa bilang pria seperti ini adalah “makhluk langka” . pengalaman gue dan beberapa teman terhadap pria-pria disekitar kita adalah SANGAT MENYEBALKAN. Jangan harap mereka akan nolongin elo, ngalah, atau apa pun  sikap gentel lainnya. Gue ama temen sampai g habis pikir, apa memang tidak diajarkan menjadi lelaki sejati neh???

2 comments:

  1. hemm yeahh...gentle itu sendiri banyak gwe temukan di novel2 dr Inggris, terutaman novel Inggris klasik yang banyak bgt menyinggung soal gentleman, di Inggris sendiri cowok2 ataw bapak2nya kan pda dipanggil Gentleman, which masyarakat dsana expect thd attitude pria2 dsna terutama terhadap wanita akan lemah lembut, melindungi, menghargai, dan lain sebagainya di berbagai dan di setiap keadaan..
    Problemnya di lingkungan kita terutama ya Jeung Melda, pria gentleman seperti ini sangaaaaaaatttt jaraaaaaang ditemui. Entah apakah karena faktor budaya atau tidak dibiasakan, tapi kayaknya utk dilingkungan kita saat ini di jaman ini pria2 gentleman emg susah ditemui yaa jaman ini aja... -sekali lagi- kalo baca novel2 klasik jaman dulu yaa,,pria2 -di daerah kita tinggal , U know where lah yaa (: - itu bisa sangatt dikategorikan PRIA GENTLEMAN...
    How pity that we know the fact today that it is hard find even a gentleman ... :(

    ReplyDelete
  2. hahahhaha,,,,agree cui
    thats why gue tulis ini

    ReplyDelete